Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PJBL pada Materi Sel Volta untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA/MA

Yani, Fitri (2023) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PJBL pada Materi Sel Volta untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_FITRI_YANI_7035140_8148_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan model pendekatan STEAM, yang diintegrasikan dengan model pembelajaran PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model 4-D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4-D terdiri dari empat tahapan. Penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan dengan uji validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket dan analisis data hasil penelitian validitas menggunakan Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis angket validitas LKPD diperoleh nilai V yaitu 0.89 dengan kategori sangat tinggi dan hasil praktikalitas dari respon guru dan peserta didik berturut-turut yaitu 84.8% kategori sangat tinggi dan 82.3% kategori sangat tinggi serta hasil kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai 87.85% kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, LKPD Sel Volta terintegrasi STEAM-PjBL yang dihasilkan telah valid dan praktis, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:20
Last Modified: 09 Jan 2024 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49362

Actions (login required)

View Item View Item