Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Talking Chips dengan Konvensional dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi SMAN 1 Kecamatan Guguak Lima Puluh Kota.

Dinova, Sri Gustina (2023) Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Talking Chips dengan Konvensional dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi SMAN 1 Kecamatan Guguak Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_SRI_GUSTINA_DINOVA_18053028_783_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak kabapaten Lima Puluh Kota. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang lebih aktif dengan siswa yang kurang aktif pada mata pelajaran ekonomi siswa di kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak kabupaten Lima Puluh Kota. 3) Untuk mengetahui interaksi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chip dan pembelajaran konvensional dengan keaktifan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA N 1 Kecamatan Guguak kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kecamatan Guguak Lima Puluh Kota. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari teknik pengambilan sampel ini terpilih kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan desain factorial design 2x2. Sumber data penelitian ini yaitu untuk data primer berupa hasil belajar siswa. Sedangkan untuk sumber sekunder berupa jumlah siswa. Alat pengumpulan data adalah dengan menggunakan dua intrumen yang berbeda, yaitu angket keaktifan siswa dan tes hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Kedua data tersebut dianalisis secara deskriptif dan induktif melalui analisis ― two way of ANOVA‖. Hasil penelitian yaitu: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif talking chips dan model pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang lebih aktif dengan siswa yang kurang aktif. 3) Apakah terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif talking chips dan konvensional dengan keaktifan siswa tetapi tidak signifikan. Maka disarankan kepada peneliti selanjutnya, dapat meneliti model pembelajaran talking chips pada mata pelajaran ekonomi. Selain itu diharapkan meneliti model pembelajaran kooperatif lainnya yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Sehingga hasil penelitiannya nanti dapat meningkatkan kontribusi dalam memperbaiki kualitas dan kuantitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamwil, SyamwilUNSPECIFIED
CorrectorFriyatmi, FriyatmiUNSPECIFIED
CorrectorYuhendri, YuhendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, KOOPERATIF TALKING CHIPS, HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:34
Last Modified: 09 Jan 2024 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49345

Actions (login required)

View Item View Item