Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Perkembangan Teori Atom Fase E SMA/MA

Fanmita, Zhafira (2023) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Perkembangan Teori Atom Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ZHAFIRA_FANMITA_19035125_5151_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Era saat ini ditandai dengan pesatnya perkembangan dan meluasnya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk teknologi Augmented Reality. Salah satu tantangan dalam pembelajaran kimia, khususnya pada materi perkembangan teori atom, adalah konsep abstrak yang sulit dipahami oleh siswa. Media pembelajaran yang digunakan juga kurang efektif dalam menampilkan konsep tersebut, dan gawai yang digunakan oleh siswa belum dimanfaatkan secara optimal sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan validitas, kejelasan, ketertarikan pengguna, dan kelayakan aplikasi pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi perkembangan teori atom. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research dengan model Plomp. Subjek penelitian ini adalah 3 dosen kimia UNP, 4 guru SMA, dan 10 peserta didik Fase E Tp. 2022/2023 dari tiga sekolah berbeda. Instrumen penelitian berupa angket penelitian awal, lembar checklist self evaluation, angket validasi, dan lembar wawancara one-to-one evaluation. Data validasi dianalisis menggunakan indeks Aiken. Berdasarkan hasil expert review dengan total 7 ahli dan 7 kategori pilihan, diperoleh data untuk validasi konten, konstruk, dan technical quality secara keseluruhan berada pada kategori valid. Data hasil one to one evaluation yang dilakukan dengan 3 peserta didik dan 2 guru kimia, menyatakan bahwa aplikasi pembelajaran terintegrasi Augmented Reality memuat instruksi yang jelas, tampilan yang menarik, dan layak digunakan. Jadi, aplikasi pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi perkembangan teori atom Fase E SMA/MA valid, jelas, menarik, dan layak digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AUGMENTED REALITY
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:27
Last Modified: 08 Jan 2024 06:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49331

Actions (login required)

View Item View Item