Pengembangan Instrumen Tes untuk Menguji Pemahaman Siswa pada Materi Laju Reaksi Berdasarkan Level Makroskopik, Sub-Mikroskopik, dan Simbolik Menggunakan Model Rasch

Putri, Yayang Andita (2023) Pengembangan Instrumen Tes untuk Menguji Pemahaman Siswa pada Materi Laju Reaksi Berdasarkan Level Makroskopik, Sub-Mikroskopik, dan Simbolik Menggunakan Model Rasch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_YAYANG_ANDITA_PUTRI_18035115_1010_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Instrumen tes yang digunakan di sekolah masih belum efektif untuk menguji pemahaman multirepresentasi siswa pada materi laju reaksi, sehingga guru tidak dapat mengetahui kedalaman pemahaman siswa pada masing-masing level secara akurat dan komprehensif. Pada penelitian ini, dihasilkan instrumen tes yang dapat menguji pemahaman siswa pada materi laju reaksi berdasarkan level makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik yang telah teruji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya bedanya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan pemodelan Rasch yang dimodifikasi dalam sepuluh tahap, yaitu (1) mendefinisikan konstruk, (2) membuat indikator soal berdasarkan konstruk yang ditentukan, (3) menyusun butir soal, rubrik penilaian, pedoman penskoran, dan pedoman analisis level pemahaman siswa, (4) melakukan uji coba, (5) menganalisis data dengan model Rasch, (6) meninjau kecocokan item, (7) meninjau peta Wright, (8) mengulangi langkah 4-7 hingga seluruh item fit, (9) menetapkan klaim kualitas instrumen, dan (10) mendokumentasikan instrumen. Seluruh butir soal terbukti valid karena telah memenuhi skor MNSQ, ZSTD, dan Pt Measure yang fit. Reliabilitas instrumen mencapai kriteria bagus dengan skor 0.89. Instrumen memiliki empat kelompok indeks kesukaran dan daya beda, yaitu sangat sulit, sulit, sedang, dan mudah. Dapat disimpulkan bahwa instrumen tes ini memiliki kualitas yang baik dan layak digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:27
Last Modified: 08 Jan 2024 06:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49330

Actions (login required)

View Item View Item