Pengaruh Penggunaan Modul Sifat Keperiodikan Unsur Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E di SMAN 1 Banuhampu

Widyanda, Wica (2023) Pengaruh Penggunaan Modul Sifat Keperiodikan Unsur Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E di SMAN 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_WICA_WIDYANDA_19035122_4519_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran saat ini menerapakan kurikulum merdeka, dimana salah satu tuntutannya dengan mengembangkan potensi dan karakteristik peserta didik sesuai bakat dan minat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah model guided discovery learning (GDL). Model GDL ini memerlukan bahan ajar yang menunjang proses pembelajaran, salah satunya adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik fase E di SMAN 1 Banuhampu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari delapan kelas yang berjumlah 286 orang peserta didik kelas fase E tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 1 Banuhampu. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dan terpilih E2 sebagai kelas eksperimen dan E7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes yang berjumlah 17 soal yang terdiri dari pilihan ganda tunggal, pilihan ganda majemuk, menjodohkan, benar salah, dan essay. Soal yang digunakan sudah memenuhi kategori soal yang valid, reliabel, daya pembeda, dan indeks kesukaran yang baik. Data hasil belajar yang telah diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh n-gain kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Selain itu, data terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen, sehingga uji hipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh sig(2-tailed) < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovey learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar belajar peserta didik fase E di SMAN 1 Banuhampu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:27
Last Modified: 08 Jan 2024 06:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49329

Actions (login required)

View Item View Item