Pengembangan E-Booklet pada Materi Sistem Koordinasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Aulia, Zakia (2023) Pengembangan E-Booklet pada Materi Sistem Koordinasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ZAKIA_AULIA_18031051_1940_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman saat ini telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 (Fourth Industrial Revolution) yang ditandai dengan terjadinya perubahan secara besar-besaran yang berdampak pada segala bidang terutama dalam bidang pendidikan. Perkembangan ini memunculkan berbagai inovasi yang menunjang dalam pembelajaran, salah satunya ialah semakin banyaknya variasi media pembelajaran yang digunakan. Pada hasil analisis angket guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang didapatkan hasil bahwa materi sistem koordinasi merupakan materi yang sulit dipahami karena materi tersebut terlalu luas dan komplit, banyak istilah-istilah yang membingungkan, dan tidak dapat diamati secara langsung. Hal ini menyebabkan peserta didik banyak yang kurang memperhatikan, sering merasa bosan karena materinya bersifat abstrak, sedangkan sumber belajar yang digunakan masih sederhana dan manual, oleh karena itu perlu adanya sumber belajar lain sehingga pada materi biologi yang tidak dapat diamati secara langsung dapat divisualisasikan dengan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-booklet pada materi sistem koordinasi yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari validator yaitu dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru Biologi di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang serta respon uji coba media dilakukan oleh 32 orang peserta didik dan satu orang guru biologi. Objek penelitian ini adalah e-booklet sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem koordinasi. Data pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan e-booklet yang valid dan praktis. Menurut validator e-booklet yang telah dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai 94,44% dan sangat praktis dengan nilai 93,95% dari respon guru dan 90,13% dari respon peserta didik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-booklet dapat digunakan pada pembelajaran biologi terutama pada materi sistem koordinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN E-BOOKLET
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:50
Last Modified: 08 Jan 2024 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49321

Actions (login required)

View Item View Item