Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Skill (TAPPSS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam

Gusta, Wifa Aprilla (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Skill (TAPPSS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_WIFA_APRILLA_GUSTA_18031034_4161_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam masih tergolong rendah. Hal ini karena guru belum menerapkan student centered secara optimal dan juga model yang digunakan saat pembelajaran kurang bervariasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Skill (TAPPSS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TAPPSS terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X E-7 sebagai kelas eksperimen dan X E-8 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal berbentuk esai. Data yang didapatkan dianalisis dengan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 56,7 dan kelas kontrol 35,2. Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAPPSS berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING SKILL (TAPPSS)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:43
Last Modified: 08 Jan 2024 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49319

Actions (login required)

View Item View Item