Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Payakumbuh

Sonia, Tita (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_TITA_SONIA_18031032_2106_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik. Keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Payakumbuh masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh guru belum menerapkan prinsip student center secara optimal karena sulit melakukan variasi model pembelajaran di kelas dan peserta didik juga tidak terbiasa dengan model pembelajaran yang beragam. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 8 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sampel sengaja dipilih berdasarkan karakteristik yang diperlukan dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal berupa soal essay yang sudah divalidasi dengan nilai validitas 0,87. Analisis data menggunakan analisis paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen (87,77) dan kelas kontrol (77,56). Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Payakumbuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:43
Last Modified: 08 Jan 2024 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49318

Actions (login required)

View Item View Item