Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang

Suhendri, Chantika Enza (2023) Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Chantika_Enza_Suhendri_18029129_8582_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang masih rendah. Hal ini terlihat dari peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis dengan tepat pada penilaian harian yang memuat indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran CORE lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji hipotesis berupa uji t. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t, diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value kurang dari = 0,05 maka tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran CORE lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:43
Last Modified: 08 Jan 2024 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49317

Actions (login required)

View Item View Item