Hubungan Hasil Belajar dengan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMAN 1 Payakumbuh pada Materi Sistem Imun

Amelia, Tasya (2023) Hubungan Hasil Belajar dengan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMAN 1 Payakumbuh pada Materi Sistem Imun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_TASYA_AMELIA_18031174_3140_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan penilaian terhadap kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Salah satu penilaian dalam proses pembelajaran yaitu penilaian keterampilan. Hasil belajar yang rendah disebabkan oleh kemampuan argumentasi ilmiah yang rendah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru biologi SMAN 1 Payakumbuh, guru masih menggunakan model ceramah saat proses pembelajaran sehingga peserta didik langsung mencatat materi yang disampaikan guru. Guru telah berupaya melatih kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik, tetapi hanya sebagian peserta didik yang terlibat secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar dengan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik SMAN 1 Payakumbuh pada materi sistem imun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode korelasi. Sampel penelitian terdiri dari 34 orang peserta didik kelas XII MIPA 8 SMAN 1 Payakumbuh. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar peserta didik yang sudah valid dan tes kemampuan argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik termasuk kategori cukup dengan rata-rata 64% dan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik termasuk kategori lemah dengan rata-rata 39,02%. Adanya korelasi positif dan signifikan antara hasil belajar dengan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XII MIPA 8 pada materi sistem imun dengan nilai r= 0,658 yang termasuk kategori tinggi. Koefisien nilai = 6,562 lebih besar daripada koefisien = 2,0369. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar dengan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik SMAN 1 Payakumbuh pada materi sistem imun. Besarnya kontribusi hasil belajar terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik sebesar 44% dan 56% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN HASIL BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:42
Last Modified: 08 Jan 2024 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49315

Actions (login required)

View Item View Item