Pengembangan Media Moodboard Busana Pesta Mata Pelajaran Desain Busana untuk Siswa Tata Busana Kelas XI SMKN 03 Payakumbuh

Werdini, Harinda Putri (2023) Pengembangan Media Moodboard Busana Pesta Mata Pelajaran Desain Busana untuk Siswa Tata Busana Kelas XI SMKN 03 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_HARINDA_PUTRI_WERDINI_18075014_8461_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran desain busana siswa kelas XI SMKN 3 Payakumbuh ditemukan beberapa permasalahan terkait pembuatan desain busana pesta, diantaranya siswa sulit mencari inspirasi, terbatasnya referensi siswa, kurangnya motivasi siswa, media ajar yang biasa digunakan sudah monoton. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pengembangan media ajar desain busana yaitu moodboard untuk menambah variasi media ajar. Tujuan penelitian ini antara lain untuk melakukan pengembangan media moodboard busana pesta pada mata pelajaran desain busana, menjelaskan validitas dan praktikalitas media pembelajaran moodboard pada mata pelajaran desain busana. Penelitian ini menggunakan penelitian metode (Research and Development) dengan alur dari Thiargarajan yakni 4-D (Four-D Models). Penelitian ini dilakukan kepada siswa tata busana di SMKN 03 Payakumbuh. Data uji validitas berasal dari dua orang ahli media dan tiga orang ahli materi. Sedangkan uji praktikalitas diperoleh dari sepuluh orang siswa untuk uji praktikalitas kelompok kecil, lalu tiga puluh orang siswa untuk uji praktikalitas kelompok besar dan seorang guru pengampu mata pelajaran desain busana. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Dan teknik analisis data dideskripsikan dengan menggunakan skala likert. Penelitian dilakukan dengan uji validitas dan uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, didapakan skor uji validitas sebanyak 93,25% dan skor uji praktikalitas sebanyak 91,72%. Dari hasil penelitian, media Moodboard ini dinyatakan valid dan praktis dimanfaatkan sebagai media pembelajaran mata pelajaran desain busana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
CorrectorYuliarma, YuliarmaUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, NelmiraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FASHION DESIGN, MEDIA MOODBOARD BUSANA PESTA
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:17
Last Modified: 05 Jan 2024 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49297

Actions (login required)

View Item View Item