Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeti 6 Sawahlunto

Melinda, Yohana (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeti 6 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YOHANA_MELINDA_18029053_2511_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Sawahlunto masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model TAI lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 6 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Sawahlunto yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih peserta didik kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep matematis. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh P-value sebesar 0,000, atau P-value lebih kecil dari taraf nyata sebesar 0,05, artinya terima H1. Hal ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Maka disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 6 Sawahlunto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:16
Last Modified: 05 Jan 2024 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49291

Actions (login required)

View Item View Item