Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 22 Padang

Adris, Azizah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AZIZAH_ADRIS_18029128_8416_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu aspek yang perlu ditingkatkan, karena kemampuan komunikasi matematis akan memudahkan peserta didik dalam belajar. Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 22 Padang masih rendah. Hal ini dilihat dari hasil ulangan harian peserta didik yang memuat indikator komunikasi matematis dan ditemukan fakta bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan merasa kesulitan dalam menyampaikan kembali materi yang disampaikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMPN 22 Padang. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan penelitiain nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 22 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,002. Karena P-value < α = 0,05 maka tolak artinya terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, sehingga kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament lebih daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:16
Last Modified: 05 Jan 2024 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49290

Actions (login required)

View Item View Item