Pengaruh Model Pembelajaran RANDAI Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Informasi Siswa SMA pada Materi Fungi

Firdaus, Andiani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran RANDAI Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Informasi Siswa SMA pada Materi Fungi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Andiani_Firdaus_19031061_8313_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan abad ke-21 yang diperlukan untuk mengehadapi era revolusi 4.0 adalah keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi. Namun, keterampilan tersebut belum sepenuhnya dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran RANDAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RANDAI terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fungi di SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA SMA Pertiwi 1 Padang. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan 6 butir soal esai untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah dan angket literasi informasi untuk mengukur kemampuan literasi informasi. Instrumen penelitian telah valid sebelum digunakan. Analisis data penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Adapun utuk keterampilan pemecahan masalah nilai pretest eksperimen sebesar 61,43 (Cukup), rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 76,82 (Baik), rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 60,14 (Cukup), rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 68,68 (Cukup). Sementara untuk literasi informasi nilai kemampuan awal kelas eksperimen sebesar 74,34 (Baik), nilai kemampuan akhir kelas eksperimen sebesar 83,48 (Sangat Baik), nilai kemampuan awal kelas kontrol sebesar 71,77 (Baik), nilai kemampuan akhir kelas kontrol sebesar 79,60 (Baik). Hasil uji-t sampel berpasangan keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi diperoleh nilai signifikan 0,000 ˂ 0,05, artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian iniadalah penerapan model pembelajaran RANDAI berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi fungi di kelas X SMA Pertiwi 1 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFebrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:55
Last Modified: 05 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49287

Actions (login required)

View Item View Item