Handari, Eras Sahira
(2023)
Hubungan Sikap Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Kuliner Mata Pelajaran Tata Hidang di SMKN 6 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti terhadap sikap belajar siswa yang kurang baik pada mata pelajaran Tata Hidang di SMK N 6 Padang, nilai siswa dari Ujian Tengah Semester rata – rata masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap belajar, hasil belajar, dan menganalisis hubungan sikap belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI kuliner mata pelajaran Tata Hidang di SMKN 6 Padang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kuliner SMK N 6 Padang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 101 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan angket secara langsung dan google form dengan menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasi.
Berdasarkan hasil perhitungan statistik bahwa sikap belajar siswa berada pada kategori tinggi (34,65%), hasil belajar siswa berada pada kategori sedang (39,60%). Hasil penelitian dilakukan menggunakan analisis korelasi pearson product moment diketahui koefisien korelasi sikap belajar (X) dengan hasil belajar (Y) adalah 0,447 termasuk pada kategori cukup kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4, 968 > 1,984 dan nilai signifikansi 0,001<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara sikap belajar dengan hasil belajar dan hasil hipotresis yaitu (Ha) diterima.
Actions (login required)
|
View Item |