Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang

Anggraini, Tiara (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TIARA_ANGGRAINI_18029022_1371_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

h. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran masih berpusat pada penyampaian guru (teacher centered). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik selama belajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving serta menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian yaitu The nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian berupa kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil kuis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir pada taraf nyata diperoleh nilai , artinya tolak . Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan model konvensional di kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:38
Last Modified: 04 Jan 2024 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49270

Actions (login required)

View Item View Item