Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang.

Tiffahani, Syifa Fairus (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SYIFA_FAIRUS_TIFFAHANI_18029093_2091_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena pada dasarnya dalam proses pembelajaran matematika peserta didik akan berhadapan dengan masalah yang perlu diselesaikan. Berdasarkan hasil tes di SMPN 7 Padang dapat dilihat bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model kooperatif tipe Think Talk Write. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 7 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Posttest Only Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang, dengan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,023. Karena P-value <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:20
Last Modified: 04 Jan 2024 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49267

Actions (login required)

View Item View Item