Pengaruh Lingkungan dan Asupan gizi terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5- 6 tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Batang Anai

Marlina, Vivi (2023) Pengaruh Lingkungan dan Asupan gizi terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5- 6 tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Batang Anai. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_VIVI_MARLINA_20330088_5596_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan di temukan minimnya pengetahuan orang tua terhadap bagaimana cara menstimulasi rangsangan perkembangan kognitif anak di antaranya pemberian makanan yang baik serta kurangnya sosialisasi bagi orang tua dalam mendidik dan memfasilitasi anak dalam pengembangan kognitifnya. Perkembangan kognitif anak perlu di optimalkan salah satunya dengan menghadirkan lingkungan yang bersahabat dengan anak serta pemenuhan makan gizi seimbang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Lingkungan, asupan gizi dan pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak di kecamatan Batang Anai. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan memakai jenis penelitian korelasi, jumlah populasi Taman Kanak-kanak 18 sekolah, guru 50 orang dan anak sebanyak 503 orang. sampel yang di ambil dalam penelitian ini sekolah 5 sekolah , guru 15 orang dan orang tua dari anak sebanyak 186 orang. Hasil dari penelitian ini di dapatkan hasil dan asupan gizi pada anak usia dini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif pada anak usia dini dengan besaran pengaruh sebesar 0.40, yang artinya terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan lingkungan dan asupan gizi terhadap perkembangan kognitif pada anak sebesar 40%. Dengan kata lain ketika terjadi peningkatan kemampuan lingkungan dan asupan gizi pada anak maka meningkat juga perkembangan kognitifnya begitupun sebaliknya, jika terjadi penurunan nilai lingkungan dan asupan gizi pada anak, maka terjadi penurunan pada perkembangan kognitif pada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:33
Last Modified: 03 Jan 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49248

Actions (login required)

View Item View Item