Marlina, Vivi
(2023)
Pengaruh Lingkungan dan Asupan gizi terhadap
Perkembangan Kognitif Anak Usia 5- 6 tahun di Taman Kanak-kanak
Kecamatan Batang Anai.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan di temukan minimnya
pengetahuan orang tua terhadap bagaimana cara menstimulasi rangsangan
perkembangan kognitif anak di antaranya pemberian makanan yang baik serta
kurangnya sosialisasi bagi orang tua dalam mendidik dan memfasilitasi anak
dalam pengembangan kognitifnya. Perkembangan kognitif anak perlu di
optimalkan salah satunya dengan menghadirkan lingkungan yang bersahabat
dengan anak serta pemenuhan makan gizi seimbang. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui Lingkungan, asupan gizi dan pengaruhnya
terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak di
kecamatan Batang Anai. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan
memakai jenis penelitian korelasi, jumlah populasi Taman Kanak-kanak 18
sekolah, guru 50 orang dan anak sebanyak 503 orang. sampel yang di ambil
dalam penelitian ini sekolah 5 sekolah , guru 15 orang dan orang tua dari anak
sebanyak 186 orang.
Hasil dari penelitian ini di dapatkan hasil dan asupan gizi pada anak usia dini
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif pada anak
usia dini dengan besaran pengaruh sebesar 0.40, yang artinya terdapat pengaruh
yang positif antara kemampuan lingkungan dan asupan gizi terhadap
perkembangan kognitif pada anak sebesar 40%. Dengan kata lain ketika terjadi
peningkatan kemampuan lingkungan dan asupan gizi pada anak maka meningkat
juga perkembangan kognitifnya begitupun sebaliknya, jika terjadi penurunan nilai
lingkungan dan asupan gizi pada anak, maka terjadi penurunan pada
perkembangan kognitif pada anak.
Actions (login required)
|
View Item |