Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Animalia dan Ekosistem untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 12 Bungo

Zalni, Tita Yunia (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Animalia dan Ekosistem untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 12 Bungo. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Tita_Yunia_Zalni_21177017_6961_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Investigasi awal dalam penelitian yang dilakukan adalah wawancara dengan guru Biologi dan memberikan angket kepada 21 orang peserta didik kelas X MIPA SMAN 12 Bungo untuk mengetahui kebutuhan peserta didik dalam bahan ajar emodul. Penggunaan bahan ajar yang digunakan peserta didik masih berupa buku cetak, LKS, handout, video serta media gambar yang belum memuat konsep mengenai materi Biologi yang mudah dipahami peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan e-modul yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Diketahui bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep pada materi Animalia dan Ekosistem, sehingga mengakibatkan hasil belajar rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan e-modul yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis discovery learning pada materi Animalia dan Ekosistem untuk peserta didik kelas X SMA/MA yang valid, praktis dan afektif. Jenis penilitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (preliminary research phase), fase perancangan dan pembuatan prototipe (development and prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase). Subjek dalam penelitian ini adah peserta didik kelas X SMAN 12 Bungo. Data penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian praktikalitas oleh guru dan peserta didik, lembar observasi dan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor, serta soal pilihan ganda untuk menilai ranah kognitif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis discovery learning dengan nilai rata-rata 93,13% dengan krikteria sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru dengan krikteria sangat praktis nilai rata-rata 83,33% dan penilaian praktikalitas oleh peserta didik dengan krikteria sangat praktis nilai rata-rata 87,72%. Uji efektivitas terdapat adanya pengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning pada materi Animalia dan Ekosistem yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:33
Last Modified: 03 Jan 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49247

Actions (login required)

View Item View Item