Pengembangan LKPD Larutan Penyangga Berbasis PBL Bernuansa Etnokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

Asda, Viola Dwicha (2023) Pengembangan LKPD Larutan Penyangga Berbasis PBL Bernuansa Etnokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Viola_Dwicha_Asda_21176009_7023_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi sains peserta didik yang rendah mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam mengaplikasikan konsep ilmiah yang dimilikinya untuk memecahkan masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektivan LKPD larutan penyangga berbasis PBL bernuansa etnokimia yang mengangkat kearifan lokal Minangkabau terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D yang terdiri terdiri 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) , develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). LKPD larutan penyangga divalidasi oleh tiga dosen kimia dan dua guru kimia. Uji praktikalitas LKPD larutan penyangga dilakukan oleh tiga guru kimia dan 32 peserta didik. Uji Efektivitas LKPD larutan penyangga dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik fase F SMAN 3 Padang dan MAN 2 Pesisir Selatan tahun ajaran 2022/2023 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis validitas LKPD larutan penyangga dilakukan dengan menggunakan Aiken’V yang terdiri dari validitas isi dan konstruk dan didapatkan hasil sebesar 0,91 dan 0,90 pada kategori valid. Hasil analisis praktikalitas LKPD larutan penyangga oleh guru dan peserta didik adalah 88,80% dan 87,75% pada kategori sangat praktis. Data uji efektivitas LKPD dianalisis menggunakan uji N-gain dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai N-gain kelas eksperimen = 0,86 pada kategori tinggi dengan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik sebesar 70,28 pada kategori tinggi dan hasil uji hipotesis didapatkan nilai t hitung(3,31) > t tabel(1,66) yang menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD larutan penyangga berbasis PBL bernuansa etnokimia yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:33
Last Modified: 03 Jan 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49246

Actions (login required)

View Item View Item