Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 15 Padang

Rahmi, Yulfita (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Yulfita_Rahmi_19029057_7082_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang mesti dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 15 Padang masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dibanding yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 15 Padang serta mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan mereka yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian deskriptif dan quasyexperiment dengan rancangan penelitian nonequivalent pottest-only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Padang, dengan kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan VII.3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Data hasil kuis di analisis secara deskriptif sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji-t. Hasil analisis tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh p-value = 0,028 dengan taraf nyata (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:32
Last Modified: 03 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49245

Actions (login required)

View Item View Item