Pengembangan Modul Ajar Evolusi Berbasis Problem Based Learning untuk Mata Pelajaran Biologi Fase F SMA/MA

Safitri, Vina (2023) Pengembangan Modul Ajar Evolusi Berbasis Problem Based Learning untuk Mata Pelajaran Biologi Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_VINA_SAFITRI_19031048_6601_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan perwujudan usaha pemerintah dalam mengatasi krisis dan tantangan dalam dunia pendidikan. Pengimplementasian Kurikulum Merdeka di sekolah masih terdapat banyak kekurangan terutama dalam ketersediaan perangkat ajar. Perangkat ajar utama yang harus segera dipenuhi dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka adalah modul ajar. Modul ajar merupakan rancangan pembelajaran yang dijadikan pedoman oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dengan guru Biologi dari tiga sekolah terungkap bahwa sebanyak 83,30% guru memilih materi evolusi sebagai salah satu materi prioritas yang dapat dijadikan pengembangan modul ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar evolusi berbasis problem based learning untuk mata pelajaran Biologi fase F SMA/MA yang valid dan terbaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) model Four-D yang dibatasi menjadi tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP sebagai validator dan 6 orang guru Biologi SMA/MA sebagai validator dan responden. Objek penelitian ini adalah modul ajar evolusi berbasis problem based learning untuk mata pelajaran Biologi fase F SMA/MA. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket observasi, angket validitas, dan angket uji keterbacaan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan skala likert. Berpedoman dari hasil observasi guru sebanyak 100% pendidik setuju untuk dilakukan pengembangan modul ajar evolusi berbasis problem based learning dengan kriteria yang sesuai dengan komponen modul ajar Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar memiliki nilai validitas sebesar 88,26% dengan kategori valid. Modul ajar yang dihasilkan juga memiliki nilai keterbacaan sebesar 89,3% yang dikategorikan terbaca dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa modul ajar evolusi berbasis problem based learning untuk mata pelajaran Biologi fase F SMA/MA sudah valid dan terbaca baik sehingga sudah bisa sebagai perangkat ajar di sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran fase F nantinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:54
Last Modified: 02 Jan 2024 08:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49242

Actions (login required)

View Item View Item