Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Imun Kelas XI SMA/MA

Andini, Yuni Fatma (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Imun Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Yuni_Fatma_Andini_19031119_6903_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 mengharapkan peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Peran aktif peserta didik dalam pembelajaran akan tercapai apabila peserta didik tidak hanya fokus pada pemahaman materi saja, tetapi juga fokus terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi MAN 2 Kota Padang peserta didik belum terlibat aktif dalam pembelajaran biologi, selain itu belum tersedianya LKPD yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem imun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi sistem imun untuk SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan 4DModels. Instrumen penelitian ini adalah lembar wawancara guru, lembar angket uji validitas dan lembar angket uji praktikalitas. LKPD divalidasi oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA/UNP dan satu orang guru biologi MAN 2 Kota Padang. LKPD diujicobakan terhadap satu orang guru biologi MAN 2 Kota Padang dan 36 orang peserta didik kelas XII IPA 9 MAN 2 Kota Padang untuk menguji praktikalitas produk yang dikembangkan. Objek penelitian adalah LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem imun untuk SMA/MA. Data yang digunakan adalah data hasil uji validitas dan uji praktikalitas. Teknis analisis data adalah analisis kualitatif untuk tahap define dan design sedangkan analisis kuantitatif untuk tahap develop. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan nilai rata-rata validitas 86,48% (valid). Uji praktikalitas LKPD oleh guru diperoleh hasil 90,62% (sangat praktis) dan uji praktikalitas LKPD oleh peserta didik diperoleh hasil 94,31% (sangat praktis). Dapat disimpulkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem imun untuk SMA/MA yang dikembangkan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:54
Last Modified: 02 Jan 2024 08:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49241

Actions (login required)

View Item View Item