Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP

Septiawan, Andi (2023) Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ANDI_SEPTIAWAN_19329079_6465_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan transformasi dan perkembangan sistem pendidikan di Indonesia yang mulai banyak menerapkan sistem pendidikan serba teknologi atau yang disebut dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui proses pemanfaatan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran PAI materi Meyakini Allah Maha Esa dan Maha Pemberi kelas 3 B di SD Pembangunan Laboratorium UNP. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran PAI materi Meyakini Allah Maha Esa dan Maha Pemberi kelas 3 B di SD Pembangunan Laboratorium UNP. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran PAI materi Meyakini Allah Maha Esa dan Maha Pemberi terhadap pemahaman belajar siswa kelas 3 B di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, objek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium UNP dan subyek pada penelitian ini adalah pemahaman belajar siswa. Kemudian data yang didapat dari hasil observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi untuk melihat fenomena yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, pemanfaatan media pembelajaran video animasi di kelas 3 B Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium UNP sepenuhnya telah memakai dan sesuai dengan kurikulum nasional yang berlaku serta berdasarkan kompetensi dasar yang dipakai dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama serta memperhatikan aspek pembentukan pemahaman dan kecerdasan siswa.. Kedua, adanya aspek kelebihan dan kekurangan, seperti peserta didik selain mendapatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan dengan media video animasi ini peserta didik juga mendapatkan kegiatan PBM dengan cara yang baru serta belajar seru sehingga mereka akan lebih aktif, kreatif serta inovatif dalam memahami materi yang dipelajari. Disamping itu peserta didik harus siap belajar dengan cara menonton sampai jam pembelajaran habis, tentu hal ini akan berdampak bagi siswa terutama di rumah, sehingga waktu untuk mengulang pembelajaran serta mengerjakan PR dari guru menjadi kurang efektif bagi peserta didik, sehingga juga berefek kepada emosional anak. Ketiga, faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman siswa kelas 3 B di Sekolah Dasar Pembangunan laboratorium UNP diantaranya faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah faktor utama yaitu yang datang dari dalam diri peserta didik seperti niat dan tekad yang kuat, semangat dalam belajar, fokus yang baik, dan adanya keseriusan serta keingintahuan yang tinggi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor pendukung seperti dorongan dari pihak sekolah, motivasi, fasilitas dan reward atas pemahaman dari peserta didik. Maka kedua faktor tersebut (faktor internal dan eksternal) sangat berpengaruh kepada semangat peserta didik sehingga mereka paham dalam melaksanakan proses pembelajaran yang berbasis video animasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorSyafei, SyafeiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:40
Last Modified: 02 Jan 2024 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49229

Actions (login required)

View Item View Item