Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Ramadani, Sagita (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Sagita_Ramadani_19029164_7188_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Melalui kegiatan pemecahan masalah aspek-aspek kemampuan pemecahan matematis yang penting seperti penerapan aturan pada masalah tidak rutin, penemuan pola, penggeneralisasian, komunikasi matematis dan lain-lain dapat dikembangkan dengan baik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran, model yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan Problem Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada peserta didik menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian the nonequivalent posttest only control group design. Populasi dari pelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelas VIII.2 dan sebagai kelompok kontrol adalah kelas VIII.5. Instrumen penelitian berupa tes kamampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis data menggunakann uji-t, diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value kurang dari α =0,05 maka H ditolak. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi,, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:39
Last Modified: 02 Jan 2024 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49222

Actions (login required)

View Item View Item