Analisis Keterampilan Berpikir Reflektif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik

Hayati, Risda (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Reflektif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Risda_Hayati_19031041_6166_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir peserta didik harus selalu dikembangkan agar dapat beradaptasi dengan situasi dunia yang semakin maju, salah satunya yaitu keterampilan berpikir reflektif. Berpikir reflektif adalah keterampilan berpikir yang melibatkan proses menghubungkan pengetahuan yang ada dengan masalah tertentu. Pembelajaran biologi di kelas X SMAN 3 Pariaman sudah mengarah pada pengembangan keterampilan berpikir reflektif, akan tetapi belum terlaksana secara optimal. Selain itu, belum pernah dilakukan penilaian keterampilan berpikir reflektif peserta didik sehingga belum terdapat data mengenai keterampilan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif yaitu dengan menerapkan model problem solving berbasis isu sosiosaintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir reflektif peserta didik pada pembelajaran biologi melalui penerapan model problem solving berbasis isu sosiosaintifik. Jenis penelitian adalah penelitian Pre-Experimental dengan menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas X E1 dengan 35 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal keterampilan berpikir reflektif dalam bentuk essay yang terdiri dari 8 butir soal. Pada setiap butir soal mencakup aspek keterampilan berpikir reflektif yang terdiri dari reacting, comparing, dan contemplating. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir reflektif peserta didik pada pembelajaran biologi melalui penerapan model problem solving berbasis isu sosiosaintifik dengan ratarata nilai tes awal (pretest) sebesar 50,7 dengan kriteria cukup dan tes akhir (posttest) sebesar 83,7 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:38
Last Modified: 02 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49219

Actions (login required)

View Item View Item