Pengembangan E-learning Menggunakan Desain Quality Matters (QM) untuk Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Weldami, Tiara Putri (2023) Pengembangan E-learning Menggunakan Desain Quality Matters (QM) untuk Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_TIARA_PUTRI_WELDAMI_19031112_6812_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian terdahulu mengenai penilaian kualitas e-learning peserta didik kelas X pada pembelajaran biologi di SMA Swasta Adabiah menggunakan Quality Matters Rubric (QMR) yang dikembangkan oleh Quality Matters (QM) mendapatkan hasil kualitas e-learning yang rendah (16%). Ditinjau terdapat banyak komponen standar e-learning yang tidak terpenuhi. Suatu rubrik memiliki komponen yang dapat dijadikan sebagai acuan dan standar desain pengembangan e-learning yang memliki komponen lengkap dan meningkatkan kualiatas elearning. Salah satunya menggunakan QMR yang dikembangkan oleh QM. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-learning menggunakan desain Quality Matters (QM) yang valid dan praktis untuk pembelajaran Biologi kelas X SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan utama yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluation. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen, 1 orang guru dan 30 orang peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Swasta Adabiah Padang. Objek penelitian adalah e-learning menggunakan desain Quality Matters (QM) untuk pembelajaran Biologi kelas X SMA/MA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi logis, lembar instrumen one-to-one trial, lembar instrumen small group trial, lembar uji praktikalitas guru dan lembar uji praktikalitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada validasi logis oleh 2 orang validator mendapatkan nilai rata-rata 96% dengan kriteria valid yang ditinjau dari delapan komponen standar elearning berdasarkan QM. Hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 90% dan 92% dengan kriteria sangat praktis yang ditinjau dari empat aspek yaitu aktivitas pembelajaran, kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, serta tampilan dan daya tarik. Maka dapat disimpulkan elearning menggunakan desain Quality Matters (QM) untuk pembelajaran Biologi kelas X SMA/MA valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, DUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:38
Last Modified: 02 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49218

Actions (login required)

View Item View Item