Susanto, Sugeng
(2023)
Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada
Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Proses pembelajaran di kelas XI TBSM masih cenderung monoton dan kurang kondusif. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mampu membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi standar KKM. Hasil belajar siswa yang masih rendah menuntut guru untuk dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, proses pembelajaran lebih efektif dan guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor melalui model pembelajaran Problem Based Leaming pada siswa kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dikenal sebagai Classroom Action research (CAR). menggunakan tes. Tes digunakan untuk memperoleh basil belajar siswa yang menjadi populasinya adalah kelas XI TBSM di SMK Negeri 3 Solok Selatan yang berjumlah 23 siswa dan dijadikan sampel semuanya.
Hasil penelitian berupa refleksi siklus I dan siklus IL Hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif digunakan untuk melihat peningkatan proses dan kuantitatif digunakan untuk melihat basil peningkatan. Hasil penelitian melalui siklus I dan siklus II terdapat peningkatan basil belajar dari 56,5 menjadi 82,6. Sedangkan dari hasil pengamatan pada siklus I dan siklus II juga terlihat adanya peningkatan dari 59,6 menjadi 72,2. Penerapan model pembelajaran Problem Based Leaming menggunakan strategi TANDUR dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PMSM.
Actions (login required)
|
View Item |