Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan

Susanto, Sugeng (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_SUGENG_SUSANTO_19073112_4400_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di kelas XI TBSM masih cenderung monoton dan kurang kondusif. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mampu membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi standar KKM. Hasil belajar siswa yang masih rendah menuntut guru untuk dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, proses pembelajaran lebih efektif dan guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor melalui model pembelajaran Problem Based Leaming pada siswa kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dikenal sebagai Classroom Action research (CAR). menggunakan tes. Tes digunakan untuk memperoleh basil belajar siswa yang menjadi populasinya adalah kelas XI TBSM di SMK Negeri 3 Solok Selatan yang berjumlah 23 siswa dan dijadikan sampel semuanya. Hasil penelitian berupa refleksi siklus I dan siklus IL Hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif digunakan untuk melihat peningkatan proses dan kuantitatif digunakan untuk melihat basil peningkatan. Hasil penelitian melalui siklus I dan siklus II terdapat peningkatan basil belajar dari 56,5 menjadi 82,6. Sedangkan dari hasil pengamatan pada siklus I dan siklus II juga terlihat adanya peningkatan dari 59,6 menjadi 72,2. Penerapan model pembelajaran Problem Based Leaming menggunakan strategi TANDUR dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PMSM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:33
Last Modified: 28 Dec 2023 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49202

Actions (login required)

View Item View Item