Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang

Yanti, Rahmi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RAHMI_YANTI_17029175_7368_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian adalah Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh P – value = 0,001 karena P – value < α maka tolak . Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz,, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:29
Last Modified: 28 Dec 2023 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49198

Actions (login required)

View Item View Item