Zofa, Prima Nefri
(2023)
Pengaruh Sudut Kemiringan Drive Pulley Terhadap Torsi, Daya dan Top Speed Pada Sepeda Motor Matic 4 Langkah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Saat sekarang ini telah banyak produsen sepeda motor sudah memproduksi serta memasarkan banyak tipe sepeda motor matic. Dengan diproduksinya sepeda motor matic pengendara sepeda motor tidak lagi direpotkan dengan pemindahan gigi secara manual melainkan secara otomatis. Akan tetapi banyak yang mengeluh sebab performa mesin matic yang lambat berakselerasi serta kurang bertenaga. Maka oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan cara merubah sudut kemiringan drive pulley dengan cara memapas sudut drive pulley. Variabel (X) yaitu modifikasi variasi derj at Drive Pulley dengan perubahan sudut Primary Sliding Shave dan Primary Fixed Shave sebesar 13,5°, 14,5°, dan sudut standar sebesar 15°. Yang nantinya akan divariasikan sebanyak 9 variasi pengujian, serta dalam 1 variasi akan dilakukan uji coba sebanyak 4 kali uji coba. Yang nantinya variabel (X) ini diharapkan memberikan dampak ke variabel (Y) yaitu hasil dari torsi, daya, dan top speed yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen ini akan ditampilkan dalam bentuk analisis berupa tabel dan grafik dari hasil pengujian torsi dan daya
Hasil pengujian torsi terbaik dihasilkan pada pengujian menggunakan variasi derjat 14,5° yang ditempatkan baik pada Primary Sliding Shave maupun Primary Fixed Shave. Karena hasil pengujian yang dihasilkan menunjukkan kenaikan yang lebih baik dari Drive Pulley standar, dimana pada putaran bawah dimulai dari 5000 rpm torsinya sudah mengalami kenaikan dan rata-rata kenaikan berada pada 6000 rpm dengan nilai rata-rata torsi 9,25 Nim. Hasil pengujian daya terbaik juga dihasilkan pada pengujian menggunakan variasi derjat 14,5° yang ditempatkan baik pada Primary Sliding Shave maupun Primary Fixed Shave. Karena hasil pengujian yang dihasilkan menunjukkan kenaikan yang lebih baik dari Drive Pulley standar, dimana pada putaran bawah dimulai dari 5000 rpm dayanya sudah mengalami kenaikan dan rata-rata kenaikan berada pada 6300 rpm dengan nilai rata-rata torsi 8, 16 HP. Hasil pengujian top speed juga menunjukkan hasil yang memuaskan karena waktu yang diperlukan lebih cepat dari pengujian standar dengan waktu 10 detik, namun waktu yang dihasilkan dari penguj ian modifikasi Drive Pulley diperlukan waktu untuk mencapai top speed-nya adalah 8 detik.
Actions (login required)
|
View Item |