Pengaruh Sudut Kemiringan Drive Pulley Terhadap Torsi, Daya dan Top Speed Pada Sepeda Motor Matic 4 Langkah

Zofa, Prima Nefri (2023) Pengaruh Sudut Kemiringan Drive Pulley Terhadap Torsi, Daya dan Top Speed Pada Sepeda Motor Matic 4 Langkah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_PRIMA_NEFRI_ZOFA_16073093_694_2023.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Saat sekarang ini telah banyak produsen sepeda motor sudah memproduksi serta memasarkan banyak tipe sepeda motor matic. Dengan diproduksinya sepeda motor matic pengendara sepeda motor tidak lagi direpotkan dengan pemindahan gigi secara manual melainkan secara otomatis. Akan tetapi banyak yang mengeluh sebab performa mesin matic yang lambat berakselerasi serta kurang bertenaga. Maka oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan cara merubah sudut kemiringan drive pulley dengan cara memapas sudut drive pulley. Variabel (X) yaitu modifikasi variasi derj at Drive Pulley dengan perubahan sudut Primary Sliding Shave dan Primary Fixed Shave sebesar 13,5°, 14,5°, dan sudut standar sebesar 15°. Yang nantinya akan divariasikan sebanyak 9 variasi pengujian, serta dalam 1 variasi akan dilakukan uji coba sebanyak 4 kali uji coba. Yang nantinya variabel (X) ini diharapkan memberikan dampak ke variabel (Y) yaitu hasil dari torsi, daya, dan top speed yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen ini akan ditampilkan dalam bentuk analisis berupa tabel dan grafik dari hasil pengujian torsi dan daya Hasil pengujian torsi terbaik dihasilkan pada pengujian menggunakan variasi derjat 14,5° yang ditempatkan baik pada Primary Sliding Shave maupun Primary Fixed Shave. Karena hasil pengujian yang dihasilkan menunjukkan kenaikan yang lebih baik dari Drive Pulley standar, dimana pada putaran bawah dimulai dari 5000 rpm torsinya sudah mengalami kenaikan dan rata-rata kenaikan berada pada 6000 rpm dengan nilai rata-rata torsi 9,25 Nim. Hasil pengujian daya terbaik juga dihasilkan pada pengujian menggunakan variasi derjat 14,5° yang ditempatkan baik pada Primary Sliding Shave maupun Primary Fixed Shave. Karena hasil pengujian yang dihasilkan menunjukkan kenaikan yang lebih baik dari Drive Pulley standar, dimana pada putaran bawah dimulai dari 5000 rpm dayanya sudah mengalami kenaikan dan rata-rata kenaikan berada pada 6300 rpm dengan nilai rata-rata torsi 8, 16 HP. Hasil pengujian top speed juga menunjukkan hasil yang memuaskan karena waktu yang diperlukan lebih cepat dari pengujian standar dengan waktu 10 detik, namun waktu yang dihasilkan dari penguj ian modifikasi Drive Pulley diperlukan waktu untuk mencapai top speed-nya adalah 8 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifdarmon, RifdarmonUNSPECIFIED
CorrectorErzeddin, ErzeddinUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:29
Last Modified: 28 Dec 2023 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49196

Actions (login required)

View Item View Item