Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Kecemasan Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 13 Padang

Putra, Rhonaldo Perdana (2023) Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Kecemasan Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Rhonaldo_Perdana_Putra_17029178_7036_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masih banyak siswa mengalami kecemasan matematis yang signifikan. Kecemasan matematis tidak hanya memengaruhi kepercayaan diri siswa, tetapi juga dapat mempengaruhi hasil belajar matematika. Siswa yang mengalami kecemasan matematis sering kali kesulitan dalam mengungkapkan pemikiran mereka secara lisan maupun tulisan penting untuk mencari metode pembelajaran yang dapat mengatasi kecemasan matematis siswa dan meningkatkan hasil belajar matematika mereka. Penelitiani ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan multimedia interaktif terhadap kecemasan matematis dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttesti Design, melibatkan satu kelas eksperimen tanpa kelompok kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dari siswa kelas 8 SMPN 13 Padang pada Tahun Akademik 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari multimedia interaktif terhadap kecemasan matematis siswa, yang didukung oleh uji hipotesis Paired Samples T-Test dan N-Gain Score. Sebagian besar siswa mengalami penurunan kecemasan matematis dengan rata-rata berada di kategori sedang. Efek positif yang sama juga teramati pada hasil belajar matematika siswa, seperti yang ditunjukkan oleh uji Paired Samples T-Test dan N-Gain Score. Sebagian besar siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika, dengan rata-rata berada di kategori sedang. Secara keseluruhan, multimedia interaktif terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan matematis dan meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 13 Padang. Namun, beberapa keterbatasan, seperti generalisasi karena ukuran sampel yang terbatas, durasi perlakuan yang singkat, dan ketergantungan pada satu jenis multimedia, perlu mendapatkan perhatian. Penelitian lebih lanjut diperlukan dengan melibatkan lebih banyak sekolah untuk lebih memahami pengaruh multimedia interaktif terhadap kecemasan matematis dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:29
Last Modified: 28 Dec 2023 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49194

Actions (login required)

View Item View Item