Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Putri, Ravinda Mairizal (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_RAVINDA_MAIRIZAL_PUTRI_16031059_6616_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah suatu kemampuan berpikir yang meliputi menganalisis, mengevaluasi dan mencipta sesuai dengan implementasi kurikulum 2013. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di SMAN 2 Koto XI Tarusan diketahui bahwa instrumen yang digunakan oleh guru masih berada pada tingkat kognitif C 1 -C 3 dengan persentase C 1= 56%, C 2 =40%, dan C 3 =4%, sedangkan untuk tuntutan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik harus mampu berpikir pada tingkat kognitif C 4 -C 6 . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi jaringan hewan yang valid, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik dan pola distribusi jawaban yang baik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni 4-D models. Model ini terdiri atas empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), yang mana pada penelitian ini dibatasi sampai dengan tahapan pengembangan. Objek penelitian adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi jaringan hewan untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Subjek penelitian adalah 31 orang peserta didik SMAN 3 Padang. Data ini termasuk data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dan data ini bersifat kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas logis, validitas empiris, reliabilitas, praktikalitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas option. Hasil uji validitas logis menunjukkan bahwa soal sangat valid dengan nilai 90,75%. Secara empiris didapatkan praktikalitas soal 95,83% dengan kriteria sangat praktis, dan kualitas item (reliabilitas soal 0,83% dengan kriteria reliabel, tingkat kesukaran soal berkisar 0,3 sampai 0,7 dengan kriteria sedang, dan soal memiliki daya pembeda cukup, baik dan baik sekali). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi jaringan hewan yang valid, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, dan daya pembeda yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, DUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:29
Last Modified: 28 Dec 2023 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49192

Actions (login required)

View Item View Item