Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas X di SMAN 10 Padang

Adilla, Rika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas X di SMAN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RIKA_ADILLA_19033059_7142_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 10 Padang tergolong rendah karena pada proses pembelajaran guru tidak menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran problem solving. Model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan cara melatih siswa menghadapi berbagai masalah, baik masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global kelas X. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Fase E SMAN 10 Padang yang terdaftar pada tahun 2022/2023. Sampel dalam penelitian adalah kelas XE 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XE 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan metode statistika. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan memakai uji normalitas dan homogenitas data yang diperoleh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan dilanjutkan dengan menganalisis data hasil penelitian didapatkan analisis data menunjukkan bahwa hioptesis diperoleh di mana 11,26 > 2,00 artinya H o ditolak dan H 1 diteima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:28
Last Modified: 28 Dec 2023 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49191

Actions (login required)

View Item View Item