Penggunaan Statistik oleh Guru untuk Pencatatan dan Penetapan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Seni Budaya (Tari) di Kelas X SMA Negeri 2 Kerinci Provinsi Jambi

Sahlan, Ukhtiyana Ilhami (2023) Penggunaan Statistik oleh Guru untuk Pencatatan dan Penetapan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Seni Budaya (Tari) di Kelas X SMA Negeri 2 Kerinci Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_UKHTIYANA_ILHAMI_SAHLAN_16023040_4848_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan statistik oleh guru untuk pencatatan dan penetapan hasil belajar siswa pada pelajaran seni budaya (tari) di Kelas X SMA Negeri 2 Kerinci Provinsi Jambi. Latar belakang masalah penelitian adalah pada inisiatif guru untuk menggunakan statistik dalam pengukuran dan penilaian hasil belajar siswa yang rutin dilakukan setiap semester. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif analisis. Dipilihnya jenis dan metode penelitian ini karena peneliti mendeskripsikan semua fakta lapangan dari objek penelitian yang diamati, khususnya pada guru sebagai nara sumber utama penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian adalah catatan hasil pengamatan, pedoman wawancara, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data ada dalam 8 tahapan yaitu (1) pengumpulan; (2) pemindahan; (3) penandaan; (4) pengelompkkan; (5) pengabsahan; (6) penjelasan; (7) pembahasan; dan (8) Tahap penyimpulan. Hasil penelitian telah mendeskripsikan bahwa statistik dapat digunakan untuk membantu guru mencata dan menetapkan nilai proses dan nilai hasil belajar siswa dalam untuk pencatatan nilai siswa berdasarkan (1) kehadiran, nilai Ulangan Harian (UH), nilai Ujian Tengah Semester (UTS); nilai Ujian Akhir Semester (UAS), dan nilai tugas. Semua catatan nilai yang sudah dihimpun itu, dapat digunakan untuk penetapan nilai akhir semester secara valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorSudarman, YosUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:42
Last Modified: 27 Dec 2023 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49174

Actions (login required)

View Item View Item