Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik

Agusni, Pratiwi (2023) Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Pratiwi_Agusni_19031039_6571_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan saat ini menekankan pada kemampuan peserta didik dalam mencari informasi dari berbagai sumber, merumuskan permasalahan, berfikir analitis dan kerjasama serta kolaborasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Hasil observasi dan wawancara di SMAN 3 Pariaman diketahui bahwa kemampuan argumentasi peserta didik masih rendah, proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik masih belum dilaksanakan secara optimal, model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan argumentasi peserta didik pada pembelajaran biologi setelah penerapan model Problem Solving berbasis isu sosiosaintifik. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMAN 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XE5 di SMAN 3 Pariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar soal dalam bentuk essay. Analisis data menggunakan Analysis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan argumentasi pada kelas sampel dari pretest hingga posttest. Nilai rata-rata posstest yaitu 57,57 dengan kategori cukup dan pretest yaitu 31,86 dengan kategori lemah. Berdasarkan hasil tes akhir yang diberikan diketahui bahwa peserta didik sudah mampu memberikan pendapat disertai data, pembenaran, data pendukung, kesimpulan dan sanggahan yang jelas sehingga dapat dibuktikan kebenaran dari soal yang diberikan, oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik setelah diterapkan model Problem Solving berbasis isu sosiosaintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:42
Last Modified: 27 Dec 2023 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49172

Actions (login required)

View Item View Item