Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Penugasan Mind Map terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA pada Materi Sistem Reproduksi

Aulia, Putri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Penugasan Mind Map terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA pada Materi Sistem Reproduksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_PUTRI_AULIA_19031098_6691_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil analisis awal keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMAN 2 Pasaman menunjukkan penerapan model pembelajaran yang belum mampu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kurangnya persiapan peserta didik dalam belajar. Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan penugasan mind map merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kesiapan peserta didik dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dengan penugasan mind map terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMAN 2 Pasaman pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Pasaman. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal pretest-posttest dalam bentuk esai yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian diperoleh data nilai keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Adapun ratarata nilai posttest kelas eksperimen (77,48) dan kelas kontrol (67,68), rata-rata nilai pretest kelas eksperimen (46,74) dan kelas kontrol (38,04). Uji paired sample t-test mendapatkan hasil nilai sig. <0,050 yaitu sebesar 0,000, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dengan penugasan mind map berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMAN 2 Pasaman pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, DUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:58
Last Modified: 27 Dec 2023 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49171

Actions (login required)

View Item View Item