Pengembangan Instrument Assessment Pembelajaran Fisika pada Model PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C

Azmi, Nurul (2023) Pengembangan Instrument Assessment Pembelajaran Fisika pada Model PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Nurul_Azmi_20175009_5657_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keterampilan 4C peserta didik masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan instrument assessment yang belum sesuai, belum memuat model project based learning dan indikator keterampilan 4C. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan instrument assessment pembelajaran fisika pada model project based learning untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik dengan kriteria valid, 2) menguji praktikalitas dan efektivitas instrument assessment pembelajaran fisika pada model project based learning untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, tahap design, tahap develop, tahap implement dan tahap evaluate. Sebagai objek penelitiannya yaitu instrument assessment pembelajaran fisika pada model PjBL untuk meningkatkan keterampilan 4C. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi, lembar uji kepraktisan pendidik dan peserta didik, dan lembar uji efektivitas. Uji efektivitas menggunakan lembar penilaian tes (pretest dan postest) dan lembar penilaian kompetensi sikap dan keterampilan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas, analisis kepraktisan penggunaan instrument assessment, dan analisis efektivitas penggunaan instrument assessment (analisis kompetensi pengetahuan (pretest dan posttest), analisis kompetensi sikap dan analisis kompetensi sikap. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, nilai rata-rata validitas instrument assessment model project based learning adalah 0,85 dan nilai ini termasuk pada kriteria valid. Kedua, nilai rata-rata uji kepraktisan instrument assessment model project based learning oleh pendidik dan peserta didik masing-masing 90% dan 86,15%. Nilai ini menunjukkan instrument assessment model project based learning berada pada kriteria sangat praktis. Disamping itu, instrument assessment model project based learning efektif untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik pada aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan komunikasi dan aspek keterampilan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:50
Last Modified: 27 Dec 2023 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49169

Actions (login required)

View Item View Item