Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Aulia, Mutiara Nurul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Mutiara_Nurul_Aulia_19029157_6618_2023.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tes di SMP Negeri 25 Padang masih tergolong rendah, karena model pembelajaran yang digunakan belum mendukung untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut upaya yang dilakukan adalah menggunakan model Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model TTW lebih baik daripada belajar dengan pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang selama diterapkan model TTW. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah VIII.2 dan kelompok kontrol adalah kelas VIII.3. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan komunikasi matematis pada materi Statistika. Berdasarkan hasil analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan kemampuan komunikasi matematis selama diterapkan model Think Talk Write (TTW) pada setiap indikator. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 0,05 diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:18
Last Modified: 22 Dec 2023 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49150

Actions (login required)

View Item View Item