Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang

Ulfah, Nadia Eza (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Nadia_Eza_Ulfah_19029028_5537_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena pada dasarnya dalam proses pembelajaran matematika peserta didik akan berhadapan dengan masalah yang perlu diselesaikan. Berdasarkan hasil tes di SMP Negeri 12 Padang dapat dilihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, dan terpilih kelas VIII 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII 8 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan uji U Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data untuk pengujian hipotesis, ditemukan bahwa pada taraf signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:17
Last Modified: 22 Dec 2023 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49149

Actions (login required)

View Item View Item