Kinanti, Natasya Tiara (2023) Pengembangan Modul Ajar Biologi Berbasis Project Based Learning untuk Fase E SMA pada Materi Virus dan Peranannya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_03_NATASYA_TIARA_KINANTI_19031150_6408_2023.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Belum tersedianya modul ajar kurikulum merdeka yang sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen. Modul ajar yang digunakan guru di sekolah masih menggunakan modul ajar yang didapatkan dari internet, sehingga dibutuhkannya modul ajar yang sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen. Materi yang kerap dinilai sulit oleh peserta didik diantaranya virus dan peranannya. Materi virus dan peranannya berhubungan erat dengan kehidupan sekitar. Materi tersebut akan mudah dipahami jika menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, yang mana kegiatan pembelajaran tersebut akan membimbing peserta didik untuk membuat proyek mengenai materi yang bersangkutan yang berhubungan dengan kehidupan di sekitar. Jadi, dikembangkanlah modul ajar biologi berbasis Project Based Learning untuk fase E SMA pada materi virus dan peranannya yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian hanya sampai pada tahap develop terhadap uji validitas dan praktikalitas karena keterbatasan waktu dan dana. Subjek penelitian yaitu dua orang dosen biologi FMIPA UNP, dua orang guru biologi, dan 32 peserta didik fase E SMA N 9 Sijunjung. Objek penelitian adalah modul ajar biologi berbasis PjBL untuk Fase e SMA pada materi virus dan peranannya. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara guru dan angket observasi peserta didik, angket uji validitas dan uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif jenis statistik deskriptif. Penelitian yang dilakukan menghasilkan modul ajar biologi berbasis PjBL pada materi virus dan peranannya yang dikategorikan sangat valid dengan nilai ratarata 86,61%. Produk dinilai praktis oleh guru biologi fase E dengan nilai rata-rata 82,29% dan dinilai sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata 88,15%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut dihasilkan modul ajar biologi berbasis PjBL untuk fase E SMA pada materi virus dan peranannya yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2023 03:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2023 03:15 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49148 |
Actions (login required)
View Item |