Rinaldi, M. Riki
(2023)
Hubungan Penerapan Media Pembelajaran
E-learning Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Penugasan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif Pada Kuliah Teknologi Alat Berat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Akibat dari pandemi covid-19 di Indonesia, seluruh kegiatan pembelajaran tatap muka dialihkan ke pembelajaran daring. hal bertujuan untuk memenuhi hak mahasiswa untuk memperoleh layanan terkait pendidikan selama darurat Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penerapan media pembelajaran e-leaming dengan metode pembelajaran berbasis penugasandapat memberikan hasil belajar mahasiswa yang baik pada mata kuliah Teknologi Alat Berat. Jenis penelitian kuantitatif korelasional digunakan dalam penelitian ini. 55 mahasiwa dipilih secara acak dari jumlah populasi sebanyak 124 mahasiswa. Penelitian ini mengunakan SPSS versi 20 untuk menganalisis dan windows 10 untuk menginput data. Untuk 94,3% data penelitian untuk variabel X masuk kedalam kategori sangat baik. Untuk 92,7% data penelitian variabel Y masuk kedalam kategori sangat baik. Pengujian teori korelasi mendapatkan hasil kategori baik yaitu Rhitung 0,384 > Rtabel 0,261. Untuk uji t penerapan media pembelajaran e-leaming dan metode penugasan berkorelasi positif (Thitung 1.906 > T tabel 1.673). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel penerapan media pembelajaran dengan pembelajaran berbasis penugasan memberikan konstribusi sebesar 13, 1 %, sedangkan 86,9% dipengaruhi variabel lain.
Actions (login required)
|
View Item |