Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Antara Tamatan SMA dan SMK Tahun Masuk 2021 pada Mata Kuliah Dasar Dasar Otomotif Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Afifi, Fajar Hanifudin (2023) Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Antara Tamatan SMA dan SMK Tahun Masuk 2021 pada Mata Kuliah Dasar Dasar Otomotif Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_FAJAR_HANIFUDIN_AFIFI_17073077_874_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas Rumusan masalah utama yaitu pada latar belakang pendidikan mahasiswa jurusan teknik otomotif yang berbeda antara Sekolah Menengah Atas dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Perumusan masalah dengan menentukan ada atau tidaknya Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Antara Tamatan SMA dan SMK Tahun Masuk 2021 pada Mata Kuliah Dasar Dasar Otomotif Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan metode penelitian ex postfacto yang terdiri atas dua variabel X yaitu mahasiswa yang berasal dari SMA dan SMK dan variabel Y adalah hasil belajar mata kuliah dasar-dasar otomotif subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2021 dengan total sampel 121 yang terdiri dari 43 mahasiswa yang berasal dari SMA dan sebanyak 78 orang mahasiswa yang berasal dari SMK. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis atau uji-t. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan perbandingan hasil belajar mahasiswa teknik otomotif antara Tamatan SMA dan SMK Tahun Masuk 2021 pada Mata Kuliah Dasar Dasar Otomotif, hasil analisis data dan penghitungan, dinyatakan terdapat perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Antara Tamatan SMA (Xl) dan SMK (X2) Tahun Masuk 2021 pada Mata Kuliah Dasar Dasar Otomotif (Y). Pengujian hipotesis yang diperoleh ialah Ho ditolak dan H1 diterima dengan nilai pada signifikansi (2 tailed) yaitu Thitung (4,331) dan Ttabel ( 1,890) yang berarti nilai Thitung lebih besar dari Ttabel dan Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif Antara Tamatan SMA dan SMK Tahun Masuk 2021 pada Mata Kuliah Dasar Dasar Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Berdasarkan data hasil belajar pada diagram hasil belajar pada gambar 2 terlihat bahwa hasil belajar mahasiswa Asal SMK dengan grafik yang lebih tingi atau bisa disimpulkan bahwa mahasiswa yang berasal dari SMK memperoleh hasil belajar yang lebih unggul dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang berasal dari SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
CorrectorNasir, MUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Dwi SudarnoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:12
Last Modified: 22 Dec 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49138

Actions (login required)

View Item View Item