Setiawan, Bayu
(2023)
Hubungan Self-Efficacy Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya sebagian dari mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan perkuliahan. Beberapa mahasiswa mengungkapkan kesulitan disebabkan karena kurangnya kemampuan belajar mandiri (Self- Regulated Learning) saat diberikan tugas oleh dosen secara individu. Banyak faktor yang mempengaruhi Self-Regulated Learning, salah satuya adalah efikasi diri (Self-Efficacy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self-Efficacy terhadap Self-Regulated Learning mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang.
Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Teknik OtomotifUniversitas Negeri Padang tahun masuk 2022, sebanyak 35 mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Skala Likert. Teknik analisi data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara Self-Efficacy terhadap Self-Regulated Learning mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Hal ini terlihat dari nilai korelasi sebesar 0,685, kemudian kontribusi variabel Self-Efficacy sebesar 46,92% terhadap variabel Self-Regulated Learning, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 53,08%.
Actions (login required)
|
View Item |