Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Pulau Punjung

Nakhwanisa, Nakhwanisa (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Pulau Punjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Nakhwanisa_18029050_6588_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai. Selain itu pemahaman konsep merupakan dasar dalam mempelajari matematika. Namun kenyataannya pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMPN 2 Pulau Punjung masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes pendahuluan pemahaman konsep matematis dimana peserta didik belum mampu menyelesaikan persoalan dengan tepat sesuai indikator pemahaman konsep matematis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model discovery learning. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 2 Pulau Punjung. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Pulau Punjung. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan sistem pengundian. Berdasarkan sistem pengundian yang telah dilakukan diperoleh kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value < 0,05 maka tolak H 0 . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 2 Pulau Punjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:09
Last Modified: 20 Dec 2023 09:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49125

Actions (login required)

View Item View Item