Korelasi Kompetensi Bidang Keahlian Teknik Pemesinan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Padang dengan Kompetensi yang dibutuhkan Dunia Usaha dan Industri (DUDI).

Pramana, Wahyu Ivan (2023) Korelasi Kompetensi Bidang Keahlian Teknik Pemesinan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Padang dengan Kompetensi yang dibutuhkan Dunia Usaha dan Industri (DUDI). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_WAHYU_IVAN_PRAMANA_19067032_6890_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia usaha dan industri dalam era globalisasi telah menimbulkan permintaan yang semakin tinggi akan sumber daya yang kompeten dengan persyaratan pasar kerja yang dinamis. SMK memiliki peran sentral dalam mempersiapkan lulusan yang mampu memenuhi tuntutan ini. Tujuannnya adalah untuk mengkaji sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh siswa dalam bidang teknik mesin di SMKN 1 Padang sesuai dengan kemampuan yang diperlukan oleh dunia usaha dan industri di kota Padang. Penelitian ini secara khusus memfokuskan pada siswa kelas XI yang telah mengikuti Prakerin pada semester genap pada Jurusan Teknik Pemesinan, dengan sampel sejumlah 52 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi, yang memungkinkan identifikasi hubungan antara kompetensi siswa dan kebutuhan industri. Instrumen penelitian memakai angket yang divalidasi oleh pihak industri, menunjukkan bahwa dari 85 pemyataan pada angket penelitian 72 pemyataan diantaranya valid untuk digunakan sebagai bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel dengan nilai signifikan bemilai 0,05 menunjukkan nilai r hitung > r tabel dimana 0,434 > 0,268. Sehingga disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya korelasi positif dan signifikansi antara kompetensi siswa SMK N egeri 1 Padang dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri kota Padang di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorYufrizal, YufrizalUNSPECIFIED
CorrectorAbadi, ZainalUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:17
Last Modified: 20 Dec 2023 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49105

Actions (login required)

View Item View Item