Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik di SMKNegeri 2 Kota Sungai Penuh.

Richal, Vitruski (2023) Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik di SMKNegeri 2 Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_VITRUSKI_RICHAL_16067028_4954_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan ialah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik dalam memperoleh keterampilan kejuruan dibidang teknik yang siap diimplementasikan pada dunia kerja. Adapun beberapa aspek bentuk pendidikan kejuruan meliputi: praktik kerja industri, sertifikasi kompetensi, kesiapan kerja, dan wirausaha yang memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan keterampilan secara praktis. Namun, faktor yang sering muncul secara internal maupun ekstemal cukup mempengaruhi pola belajar siswa khususnya pada motivasi belajar yang menjadi tindakan sebagai dorongan utama untuk lebih menekuni pembelajaran di sekolah tentang Gambar Teknik. Observasi yang telah berhasil dilakukan pada subjek penelitian didapatkan bahwa dari 26 orang siswa hanya 43% yang memcnuhi kriteria ketuntasan dan 57% tidak mencapai kriteria tersebut, maka penelitian ini dimaksud untuk mengungkapkan hubungan motivasi dan basil belajar pada pembelajaran Gambar Teknik SMKN 2 Sungai Penuh. Penelitian kuantitatif dipakai sebagai metode utama dalam menganalisis perolehan data menggunakan studi korelasi untuk mendeteksi hubungan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data secara objektif untuk melihat hubungan motivasi dan basil belajar memakai instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan ialah pengujian analisis prasyarat dan hipotesis dengan pengujian instrumen validitas dan reabilitas. Hasil penelitianyang tclah berhasil dilaksanakan pada SMKN 2 Kota Sungai Penuh pada uji normalitas diketahui nilai sig. sebesar 0,20 > 0,05 memperlihatkan basil data sampel terdistribusi normal, sedangkan uji linearitas diperoleh sig. 0,932 > 0,05 bahwa variabel berpola linear. Oleh karena disimpulkan hubungan motivasi dan basil belajar, bemilai korelasi sebesar 0,899 memperlihatkan hubungan yang terjadi berkolerasi secara positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:05
Last Modified: 20 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49104

Actions (login required)

View Item View Item