Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 28 Padang

Sari, Lidiya Puspita (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 28 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_LIDIYA_PUSPITA_SARI_18029145_5716_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis penting bagi peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Selain itu kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dinilai untuk mutu pendidikan di sekolah. Agar mutu sekolah tidak rendah maka sekolah harus meningkatkan kemampuan yang dimiliki peserta didik, termasuk itu kemampuan pemecahan masalah. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 28 Padang masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian harian dimana peserta didik belum mampu menyelesaikan persoalan pemecahan masalah. Solusi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 28 Padang adalah menerapkan model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik menerapkan model pembelajaran inkuiri di kelas IX SMP N 28 Padang dan apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik menerapkan model pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik menerapkan model pembelajaran langsung di kelas IX SMP 28 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 28 Padang dengan kelas IX. 8 dan IX.9 sebagai kelas sampel. Instrumen pada penelitian adalah kuis dan tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essay. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh Pvalue = 0,000. Karena Pvalue < 0,05 maka tolak H 0 . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menerapkan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik menerapkan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas IX SMP Negeri 28 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:19
Last Modified: 19 Dec 2023 09:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49094

Actions (login required)

View Item View Item