Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan E-Handout Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI SMAN 6 Kerinci

Mayanda, Leli Ambella (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan E-Handout Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI SMAN 6 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Leli_Ambella_Mayanda_19031024_6287_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran di SMAN 6 Kerinci yaitu kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru, pembelajaran biologi khususnya pada materi reproduksi sulit dipahami, dan hasil belajar kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model discovery learning berbantuan e-handout. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan e-handout terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi SMAN 6 Kerinci. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes yang digunakan untuk mengetahui kompetensi pengetahuan menggunakan soal posttest, dan non tes untuk kompetensi sikap berupa lembar observasi dan kompetensi keterampilan menggunakan lembar penilaian produk. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji indenpendent sample t-test berbantuan program SPSS 24. Berdasarkan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen (84,35) dan kelas kontrol (80,33). Kompetensi sikap kelas eksperimen (84,38) dan kelas kontrol (80,16). kompetensi keterampilan kelas eksperimen (81,78) dan kelas kontrol (78,3). Hasil uji hipotesis penelitian dilihat dari nilai signifikan 2-tailed < 0,05 yaitu 0,023 pada kompetensi pengetahuan, 0,010 pada kompetensi sikap, dan 0,012 pada kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil terdapat pengaruh positif model discovery learning berbantuan e-handout pada materi sistem reproduksi terhadap hasil belajar peserta didik pada kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan kelas XI SMAN 6 Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:19
Last Modified: 19 Dec 2023 09:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49092

Actions (login required)

View Item View Item