KontribusiPembelajaranBerbasis Proyek (Project Based Learning) dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK.

Candra, Farel (2023) KontribusiPembelajaranBerbasis Proyek (Project Based Learning) dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_FAREL_CANDRA_19067006_6876_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas pengajaran dan guru adalah hal penting berfokus pada pemahaman konsep, dan mendorong pemikiran kreatif siswa. Kemampuan berfikir kreatif sangat diperlukan untuk meningkatkan keahlian pada diri siswa. Siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kreatif akan memiliki pola pikir dan daya tangkap yang tinggi jika dibandingkan siswa yang tidak mempunyai keterampilan berpikir kreatif. Untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa, guru di sekolah menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini mengungkapkan kontribusi Project-based Learning dan minat pembelajaran pada kemampuan berfikir kreatif siswa pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK. Penelitian memakai metode survey berj enis penelitian korelasi, subjek research ini ialah siswa kelas XI teknik las di SMKN 1 Guguk, SMKN 2 Payakumbuh, dan SMKN 1 Bukittinggi dengan total sampel 59 siswa. Teknik mengambil sampel ialah propotional random sampling. Tnstrumenresearch ialah angket dengan 45 butir pemyataan tentang pembelajaran berbasis proyek, minat pembelajaran, dan keterampilan berfikir kreatif. Hasil research memperlihatkan: (1) Project-based Learning kontribusi signifikansi pada kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 28% dengan nilai r = 0,530 dan bemilai signifikan = 0,001<0,05 jadi Ha terterima dan Ho tertolak. (2) Minat belajar berkontribusi signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 34% dengan nilai r = 0,588 dan bemilai signifikan = 0,001<0,05 apabila Ha terterima dan Ho tertolak. (3) Pembelajaran berbasis proyek dan minat belajar berkontribusi secara simultan terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 35% dengan nilai r = 0,593 dan bemilai Sig. F change = 0,001<0,05 maka Ha terterima dan Ho tertolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:17
Last Modified: 19 Dec 2023 09:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49080

Actions (login required)

View Item View Item