Pengembangan Bahan Ajar Digital Kalor Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Model CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa

Ridha, Hayatur (2023) Pengembangan Bahan Ajar Digital Kalor Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Model CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_HAYATUR_RIDHA_19033156_6946_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Abad 21 menuntut manusia mampu beradaptasi dan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang berkembang. Pembelajaran abad 21 yang diharapkan yaitu pembelajaran yang inovatif, kreatif, kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa masih rendah. Solusi dari permasalahan ini adalah pengembangan bahan ajar digital kalor berbantuan Augmented Reality terintegrasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah menentukan hasil analisis kebutuhan, menentukan hasil uji validitas dan menentukan hasil uji praktikalitas penggunaan bahan ajar digital berbantuan AR terintegrasi model CTL. Pengembangan bahan ajar digital kalor berbantuan AR terintegrasi model CTL mengunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan Hannafin dan Peck terdiri dari tiga fase yaitu analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Data penelitian diperoleh dari angket kendala guru dalam pemanfaatan TIK dalam bahan ajar, analisis dokumen, soal unjuk kerja, instrumen angket validasi, dan instrumen angket praktikalitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Aiken’s V untuk menganalisis kevalidan bahan ajar digital dan rumus analisis statistik untuk menganalisis kepraktisan bahan ajar digital. Berdasarkan analisis data terdapat tiga hasil penelitian. Pertama, hasil analisis analisis kebutuhan menunjukkan guru terkendala menerapkan TIK pada bahan ajar dan belum menerapkan CTL, siswa mengalami kesulitan pada materi kalor, nilai pengetahuan siswa masih rendah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa masih rendah. Kedua, bahan ajar digital yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata sebesar 0,84. Ketiga, tingkat kepraktisan produk didapatkan nilai rata-rata sebesar 91 berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital kalor berbantuan AR terintegrasi CTL valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran fisika fase F.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Dec 2023 05:39
Last Modified: 18 Dec 2023 05:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49055

Actions (login required)

View Item View Item